30 Tips Trik Menjadi Programmer Sukses-Mendalami Bahasa Pemrograman Dengan Cermat

Trik Mendalami Bahasa Pemrograman Dengan Cermat,nah kali ini kita akan membahas tentang bagaimana kita memahami bahasa pemrograman mulai dari dasar. Tips menjadi programmer sukses. Di postingan sebelumnya,admin membahas tentang apa itu yang namanya dasar bahasa pemrograman. Nah,bahasa pemrograman C++ merupakan dasar bahasa pemrograman. Sebelum mengenal bahasa pemrograman kita sepertinya sangat ambisius untuk bercita-cita sebagai programmer. Bahkan kita tidak berpikir betapa sulitnya dan sangat butuh pengorbanan demi memahami bahasa pemrograman tersebut untuk sukses menjadi pemrograman handal.

image by google credit rhapedrahmandanu


#Trik Mendalami Bahasa Pemrograman Dengan Cermat

#Trik Menjadi Proramer Sukses

#Tips Menjadi Programer Sukses


Yang kita harus lakukan ketika awal-awal mengenal bahasa pemrograman dasar C++,kita harus giat melakukan eksperimen. Seperti membuat formasi bentuk,nama,karakter. Bisa juga membuat kalkulator hitung sederhana. Membuat program dasar menghitung rumus luas bangun datar,volume bangun ruang,membuat kasir dan sebagainya.


Hal-Hal yang Wajib Dihindari Apabila Kita Ingin Menjadi Programmer Handal.

1. Jangan Malas Untuk Bereksperimen.

Jangan Malas Untuk Bereksperimen. Apa maksudnya pada point ini? Kita yang berlatar belakang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (Anak SMK) biasanya pada semester awal kelas satu,sudah diperkenalkan dengan bahasa pemrograman dasar C++. Untuk yang berlatar belakang pendidikan Sekolah Menengah Atas (Anak SMA) belum diajarkan tentang bahasa pemrograman dasar C++. Jangan minder atau berkecil hati,kita dapat meminta bantuan serta sharing dengan kenalan yang sudah mahir. Otodidak dengan tekun kadang akan membuat kita berperasaan dan berpikir,"Wah,bahasa pemrograman sulit,tetapi seru juga yak". Rasa penasaran ini yang akan membuat kita maju dan termotivasi akan ada buah hasil setelah bergerilya. Belajar dengan luas dalam arti meng-explore seluk beluk bahasa pemrograman. Malas adalah musuh terbesarmu.

2. Optimis,"Saya Harus Bisa ! ! ! ".

Bagi anak Teknik Informatika semester awal bahasa pemrograman adalah mata kuliah-hal yang menjengkelkan. Tetapi tidak diluar sana yang punya ambisi serta optimis untuk menggali script demi fungsi agar cepat mengerti dan paham terlebih dahulu dibandingkan kawan-kawan yang lainya. Terkedang ada yang berpikir "Duh,kok kayak gini,susah banget","Apa-apaan nih","Hadeh,gak ada yang lebih gampang apa". Hindari berpikir seperti itu,karena otak kita akan menghipnotis dan menjerumuskan kita ke arah negatif,seperti malas,tidak ingin tahu,tidak peduli dengan apa yang sudah kita targetkan sebelumnya. Orang yang professional bahkan pernah menjadi Newbie. Pemula yang tekun akan terus maju hingga mencapai kesuksesan, 

3. Keluarlah Dari Zona Nyaman.

"Besok aja dah","Nanti aja dah","Gampang itu mah". Ini adalah penghalang besar bagi kita untuk menuju kesuksesan. Kita terlalu santai dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Hingga lupa akan cita-cita kita menjadi programmer sukses. Belajar bahasa pemrograman dari internet dan bertanya di forum-forum akan memperluas wawasan kita. Jangan menjadi katak dalam tempurung yang hidupnya datar,itu-itu saja isinya,tidak ada hal yang baru. Apabila sudah mengerti dan mahir suatu bahasa pemrograman atau salah satu script fungsi,segeralah mempelajari yang sekiranya kita belum kenal atau paham. Kita dapat meminjam buku di perpustakaan,belajar di internet,forum-forum,kenalan dan sebagainya. Semakin banyak pengalaman kita,semakin besar peluang untuk sukses.

4. Jangan Dengarkan Komentar Buruk Orang Lain.

"Udah nyerah aja","Kamu gak akan bisa","Susah,lupain aja". Komentar seperti yang akan kita masuk ke Zona Nyaman,apabila kita sudah masuk kesana,kita akan sulit untuk keluar dari sana. Hindari komentar dan orang yang berkomentar seperti ini,mereka hanya ingin kita jatuh,tidak suka melihat kita sukses,penghambat kesuksesan tentunya. Apabila sudah bertemu yang seperti ini mereka bertujuan untuk membuat kita down atau dalam tanda kutip "tidak fairplay",bersaing dengan hal yang tidak lazim. Cari kawan yang siap membantu kita disaat kita sedang dalam kondisi yang belum baik. Sikap transparan seperti itu akan menguntungkan kita juga,saling membantu,gotong royong,fairplay. Kejar terus cita-citamu dengan gigih.

5. Jangan Menyerah Sebelum Mencoba.

Rasa penasaran yang begitu dalam akan membuat kita tertarik untuk mencoba hal baru. Jangan menyerah sebelum mencoba. Kebanyakan kita hanya melihat dari sampulnya. Jangan melihat orang sukses dengan capaiannya yang sekarang. Tapi pejari setiap proses perjalanannya menuju kesuksesan. Tidak ada kesuksesan yang instant,tetapi butuh pengorbanan. Setahap demi setahap lama kelamaan kita akan terbiasa belajar dan berjuang. Menghindar dari hal buruk yang negatif. Yang akan meghalang-halangi kita.

6. Mengikuti Komunitas atau Organisasi.

Ikutilah komunitas sesuai dengan hobby-mu. Agar idemu dapat tersosialisasikan dan berjalan dengan lancar. Semakin banyak kita ber-organisasi,semakin banyak pengalaman dan inspirasi juga motivasi untuk lebih giat lagi. Biasanya kita malu atau sungkan untuk mencoba gabung,coba satu per satu. Mungkin "Rumput tetangga lebih hijau",kita harus bersaing dengan baik dan mencoba menjadi pemenang.

7. Mencari Teman yang Se-Hobby.

Keseharian kita biasanya tergantung pada teman yang se-hobby. Seringlah berbagi tentang pengalaman hidup,nanti disana kita dapat bertukar pikiran dan pendapat. Kita dapat merencanakan bagaimana langkah selanjutnya. Jangan mencari teman yang mengarahkan kita ke hal yang negatif. Hindari teman yang tidak jelas arah tujuan hidupnya.

8. Tidak Enggan untuk Membagi Ilmu.

Tidak enggan untuk membagi ilmu,janganlah pelit dalam membagi ilmu. Dari berbagi ilmu kita dapat mendapatkan ilmu baru yang lain. Mendapatkan hal baru seru untuk diperdalami. Jangan cepat bosan akan hal baru. Karena hal baru dapat membuat kita kaya akan ilmu pengetahuan.

9. Memanfaatkan Waktu Luang dengan Sebaik Mungkin.

Memanfaatkan waktu luang sebaik mungkin. Buat jadwal aktivitas sehari-hari agar waktu dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Mengatur jadwal akan mempermudah kita dalam melakukan sesuatu setiap harinya. Apabila kita tidak membuat jadwal,kita akan sulit untuk membagi waktu. Bedakan mana yang penting dan mana yang tidak penting. Jangan sampai terbalik,yang tidak penting kita dahulukan,sedangkan yang penting kita biarkan terbengkalai.

10. Buat Jadwal yang Runtut dan Padu.

Buat jadwal yang runtut dan padu. Buatlah jadwal tetap dan paten. Jangan terlalu sering mengubah jadwal,nanti akan berakibat kita sendiri yang bingung. Agar aktivitas kita tertata rapi dan berjalan lancar sesuai dengan rencana. Tepat waktu adalah prioritas kita. Jangan sering menunda-nunda kewajiban kita. Apabila kewajiban kita sudah terselesaikan,barulah kita melaksanaka hak kita.

11. Belajar Menerima Masukkan Saran dari Orang Lain.

Belajar menerima masukkan saran dari orang lain sangat penting,karena dapat mengingatkan kesalahan dan kekurangan kita terletak dimana dan bagaimana mentuntaskannya. Orang yang menerima dengan baik saran dari orang lain akan lebih mudah untuk mengembangkan potensi dirinya sendiri. Dalam arti kita tidak egois merasa diri kita yang paling handal. Padahal kesalahan dan kekurangan kita sangat nampak jelas. Pandai-pandailah menyaring masukkan dari orang lain.

12. Modal Awal untuk Belajar Pemrograman ialah Motivasi.

Jikalau motivasi untuk belajar motivasi besar, selamat! sobat ialah calon seorang acaramer hsobatl. fokus selanjutnya ialah mengharapanh skill untuk belajar pemrograman. terus pertahankan motivasi yang telah dimiliki. Jangan down saat motivasi ini pupus ketika menemui kegagalan.

13. Jangan Terlalu Cepat Menyerah.

Memang belajar pemrograman ialah bukan semata-mata sepele dan mudah. Butuh usaha yang gigih,serta kerja amat keras, dan pengalaman yang memadahi . Jangan mudah terpengaruh program yang sering error dan belum fix,karena sebagian besar menyerah karena hal tersebut.

14. Jangan Sekali-kali Menganggap Pemrograman Itu ialah Sepenuhnya Pelajaran yang Dihafal.

Adalah hal yang wajar apabila, menghafal juga diharapkan yaitu ketika menghafalkan sintaks dan aturan fungsi dalam sebuah susunan . Tapi secara kodrat, pemrograman ialah pelajaran cara berpikir luas dan berkembang serta akal bagaimana menyelesaikan sebuah studi kasus.

15. Jangan Hanya Menjadi Budak Menyerupai Tukang Ketik. 

Ketika dosen menunjukkan contoh perkara di kelas atau ketika praktikum, Jangan hanya memperhatikan setiap barisan kode fungsi tersebut sebagai omong kosong dan jangan sekadar mencatat dan mengarsipkan di komputer tetapi tidak pernah dipelajari lagi. Jikalau hanya demikian, sama halnya dengan belajar menjadi tukang ketik. Coba fahami setiap baris kode dan alur fungsi yang dituliskan guru atau dosen sobat. Jikalau sudah faham, coba tulis fungsi tersebut menurut versi atau kehendak diri sendiri ke buku atau komputer (bahan latihan). Apabila hal ini sudah sering  dilakukan, maka secara refleksi telah melatih akal berpikir dan belajar menuangkan akal berpikir ke dalam bentuk fungsi berupa program jadi.

16. Untuk Mendukung pada Setiap pembelajaran, Coba Cari Orang yang mau mengajari berbagi ilmu dengan sesama.

Ketika menemui sebuah perkara dalam belajar pemrograman. Dengan berkunjung menemui sahabat dekat, sahabat di internet atau bahkan guru dan dosen atau siapapun yang dekat dan memahami hal yang akan kita pertanyakan.

17. Jangan Mengandalkan dan Terpaku pada Materi Pemrograman di Kelas.

Sangatlah begitu luas yaitu apa yang diberikan dosen ketika kuliah sedang berlangsung (tatap muka) itu sangatlah kecil evaluasinya dibandingkan dengan seluk beluk ilmu pemrograman. Cobalah berpetualang sendiri segala hal wacana tentang pemrograman. Ada begitu banyak bahan belajar berupa referensi di internet,forum diskusi,yang membahas wacana tips begitu juga trik serta teknik dalam pemrograman.

18. Carilah Komunitas yang Fokus Membahas Pemrograman.
Di internet ada banyak forum diskusi via web atau mailing list yang membahas wacana pemrograman. Banyak-banyaklah bergaul dengan orang dalam komunitas yang sama-sama ber passion dengan pemrograman.

19. Amat Sangat Disarankan Mempunyai Komputer Sendiri.
Di rumah atau di kost. Mirip persis yang telah admin terperincikan di atas bahwa untuk menggeluti dunia  pemrograman butuh pengalaman dan reputasi yang banyak dalam memprogam sesuatu. Jikalau bukan memiliki komputer sendiri, bagaimana mampu menambah reputasinya? Untuk belajar pemrograman bukanlah harus membutuhkan komputer dengan spesifikasi dewa. Cukup komputer sederhana  itu sudah mampu, kecuali belajar acara yang memang butuh spesifikasi besar misalnya acaraan berbasis jauh berupa pengayaan,jangan sekali-kali menyia0ntiakan jam praktikum di laboratorium sebab waktunya sangatlah begitu terbatas. Anggap  ketika beli komputer ialah sebagai alat serta aset investasi jangka panjang. Yakinlah suatu ketika modal untuk membeli komputer itu  kembali berlipat ganda, atau malah  menunjukkan sesuatu yang jauh lebih besar.

20. Jangan hanya Memandang Catatan atau Modul yang Diberikan oleh Dosen.
Isi modul yang ditulis oleh dosen itu mayoritas masih sedikit isi materinya. Berusahalah mencari referensi sendiri,berkaitan dengan pemrograman. Kita bisa mendownload ebook gratis yang berisi tutorial. Dengan mudahnya mencari informasi di zaman era sekarang.

21. Sebagai Pemrogrammer harus selalu ingat Kepada-NYA,
Agar tidak lupa tetap menjalankan ibadah. Spiritual adalah benteng kita mengusir nafsu negatif ketika kita sedang berusaha mengorbankan segalanya bergerilya menuju kesuksesan.

22. Seorang Pemrogrammer Harus Mampu Me-Manage dirinya sendiri.
Dalam hal mengatur waktu kapan waktu untuk latihan coding,bercengkrama dengan keluarga dan berkumpul dengan teman. Jangan lupa tugas dan kewajiban kita juga cita-citanya.

23. Seorang Pemrogrammer Harus Mampu Menjaga Kesehatan. 
Sebab akal bukan mampu berjalan tanpa logistik bagaikan mesin yang terus bekerja tanpa berhenti melakukan istirahat, jadi itupun harus diperhatikan,  jangan lupa asupan gizi untuk tubuh agar selalu vit dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

24. Jangan hanya fokus untuk menguntungkan diri sendiri. acaraer mirip itu ialah acaraer yg egois. sebab suatu ketika ia harus mengetahui bakat yg ia gun, haruslah berkhasiat bagi orang lain.

25. Layaknya Seorang Pakar Ilmuwan, Pemrogrammer
Juga harus terus mencari perduduk perkaraan dalam suatu acara dan mencari pemecahan atas duduk perkara tersebut.

26. Mulailah Belajar Pemrograman dengan akal Serta Harapan yang Gigih. \
Seorang programmer harus selalu mampu mengatasi kasus perkara dan memberikan atau menunjukkan solusi selama itu masih masuk akal, kecuali yang diluar nalar manusia.

27. Jangan Takut untuk Gagal.
Setiap pemrogrammer handal setiap projectnya sempurna pernah mengalami kesulitan&bahkan mengalami kegagalan dalam menyelesaikan suatu project. Kemungkinan itulah jalan menuju kesuksesan.

28. Luangkan waktu sejenak untuk penyegaran otak.
Menguras pikiran dan tenaga. tak jarang hal itu menyebabkan stres, terlalu memaksimalkan sistem kerja otak tanpa istirahat yang rutin dan terartur, biasanya kejar target atau deadline.

29. Jangan Takut untuk Copas
Bukan diharuskan seorang programmer  menulis coding manual. Disamping untuk mempersingkat waktu, disini seorang programmer di tuntut untuk mengembangkan kreatifitas. Banyak atau bahkan hampir setiap programmer menggunakan banyak sekali macam template.

30. Jangan Hanya Mengharapkan Copas. 
Rata-rata kebanyakan orang yang mayoritas mengharapkan copas. Hal itu bukan berusaha memahami fungsi yang dia copy. Coba pahami dahulu fungsi yang diperoleh terutama pada algoritmanya, jikalau mampu tulis kembali fungsi tersebut menurut kehendak diri sendiri. Kalau kita copas pada awal dan bertujuan untuk memahami sebuah fungsi tidaklah sebuah masalah. Jangan copy mentah-mentah hanya sekadar sebuah program itu jalan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "30 Tips Trik Menjadi Programmer Sukses-Mendalami Bahasa Pemrograman Dengan Cermat"

Posting Komentar