Apa Itu C++ Pengenalan C++

#Pengenalan C++

#Belajar C++

Pengenalan c++,Belajar c++.
Modul Praktikum Algoritma dan Pemrograman 2017
1
LAB Rekayasa Perangkat Lunak
BAB I
PENGENALAN C++
C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh (Bjarne Stroustrup) merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bell Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an.
Keistimewaan dari bahasa C++ adalah bahasa ini mendukung pemrograman berarah objek atau yang sering dikenal dengan istilah Object Oriented Programming(OOP).
Setiap program C++ mempunyai bentuk umum seperti dibawah ini : #include <iostream> //prepocessor directive Using namespace std; int main() { Statemen_yang_akan_dilakukan; … return 0; }
1.1. #Include
Direktif #Include digunakan untuk memasukkan file header ke dalam kode program yang kita tuliskan. Caranya adalah dengan menuliskan file header yang akan dimasukkan setelah direktif #include. Sebagai contoh, jika kita akan memasukkan file header <iostream> ke dalam program, maka kita perlu menuliskan kode seperti berikut : #include<iostream>
Modul Praktikum Algoritma dan Pemrograman 2017
2
LAB Rekayasa Perangkat Lunak
Perintah di atas sebenarnya berfungsi untuk memasukkan kode-kode yang terdapat pada file header tersebut ke dalam kode program kita. Dengan demikian, kita dapat menggunakan fungsi-fungsi maupun kelas yang didefinisikan di dalam file header di atas.
Satu hal yang perlu diingat tentang file header bahwa C++ juga akan mengenal semua file header milik bahasa C. Dalam buku The C++ Programming Language, Bjarne Stroustup (pencipta C++) menyatakan bahwa setiap file header dalam C++ yang diawali huruf ‘c’ adalah sama dengan file header milik bahasa C. Untuk setiap file header dengan nama <X.h> yang terdapat dalam bahasa C diubah namanya menjadi <cX>.
1.2. Fungsi Main()
Setiap program yang ditulis dalam bahasa C++ pasti akan memiliki sebuah fungsi utama dengan nama main(). Dalam C++, kode yang dibaca adalah kode-kode yang terdapat pada fungsi utama. Jika ternyata terdapat pemanggilan fungsi lain, maka program akan mencari nama fungsi tersebut untuk dieksekusi. Setelah mengeksekusi fungsi tersebut, maka program akan kembali ke dalam fungsi utama, begitu seterusnya.
1.3. Komentar Program
Komentar adalah bagian dari kode program yang tidak ikut dibaca pada proses kompilasi. Dengan kata lain, komentar tidak akan mempengaruhi jalannya program. Dalam C++ terdapat 2 jenis komentar, yaitu :
1.3.1. Menggunakan tanda //
Tanda ini digunakan untuk menuliskan komentar yang banyaknya hanya satu baris. // ini adalah komentar untuk satu baris
Modul Praktikum Algoritma dan Pemrograman 2017
3
LAB Rekayasa Perangkat Lunak
1.3.2. Menggunakan tanda /**/
Berbeda dengan sebelumnya, tanda ini dapat digunakan untuk menuliskan komentar yang banyaknya satu baris atau lebih. Komentar ini dimulai dari tanda /* sampai ditemukan tanda */. /*ini adalah komentar panjang yang banyaknya lebih dari satu baris*/
Latihan ! 1. Tunjukkan komentar pada program dibawah ini ! /************************************************** * PEMROGRAMAN C++: * * * * Oleh : Fajar Ramadhan Akbar * * Email : fjrakbar23@gmail.com * * * * LAB. Rekayasa Perangkat Lunak * * * **************************************************/ #include<iostream> using namespace std; int main() { int a; cout<<"Masukkan nama : "; cin>>a; cout<<"Nama anda adalah : "<<a; return 0; } 2. /*ini adalah/*sebuah komentar*/satu baris*/ Jika ditinjau dari sisi program, apakah statement di atas benar sebagai komentar ?
1.4. Input dan Output
1. Statemen Input adalah Statemen / fungsi yang digunakan untuk menerima data dari input keyboard, contoh: cin (character in). cin>>a;
Modul Praktikum Algoritma dan Pemrograman 2017
4
LAB Rekayasa Perangkat Lunak
2. Statemen Output adalah Statemen yang digunakan untuk menampilkan data ke layar monitor., contoh: cout (character out). cout<<”RPL”;
Latihan ! 1. Buatlah program dengan menginputkan biodata anda dengan menampilkan Nama, NIM, Fakultas, dan Jurusan. Sehingga tampilan dilayar monitor sebagai berikut :
1.5. Tanda Semicolon
Tanda semicolon “;” digunakan untuk mengakhiri sebuah pernyataan. Setiap pernyataan harus diakhiri dengan sebuah tanda semicolon.
1.6. Jenis Identifier
Identifier adalah suatu pengenal atau pengidentifikasi yang kita deklarasikan agar kompiler dapat mengenalinya. Identifier dapat berupa nama variabel, konstanta, fungsi,dan lainnya.
Identifier yang berperan sebagai variabel dan konstanta berfungsi untuk menampung sebuah nilai yang digunakan dalam program.
Modul Praktikum Algoritma dan Pemrograman 2017
5
LAB Rekayasa Perangkat Lunak
Sebagai gambaran, dibawah ini sebuah contoh program yang menggunakan dua buah identifier. #include <iostream> using namespace std; int main() { char Teks[20]; int X; cout<<"Masukkan sebuah kata : "; cin>>Teks; cout<<"Masukkan sebuah angka : "; cin>>X; cout<<Teks<<endl; cout<<X; return 0; }
Tampilan :
Analisa :
Pada saat program dijalankan, identifier tersebut akan digunakan untuk menyimpan nilai yang dimasukkan dari keyboard. Dalam C++, proses penyimpanan nilai seperti ini dinyatakan dengan perintah cin (si in). berbeda dengan perintah cout (si out) yang menggunakan operator <<. Pada perintah cin operator yang digunakan adalah operator >>.
1.5.1. Konstanta
Konstanta adalah jenis identifier yang bersifat konstan atau tetap, artinya nilai dari konstanta di dalam program tidak berubah. Terdapat dua cara untuk membuat sebuah konstanta, yaitu dengan menggunakan preposesor directive #define dan menggunakan kata kunci const.
Modul Praktikum Algoritma dan Pemrograman 2017
6
LAB Rekayasa Perangkat Lunak
1. Menggunakan kata kunci const
Mendefinisikan sebuah konstanta dapat dilakukan dengan menggukan kata kunci const. Berikut ini adalah bentuk umumnya.
Const tipe_data nama_konstanta = nilai_tetapan;
Contoh : #include <iostream> using namespace std; const int MAX = 5; int main() { cout<<MAX * MAX; return 0; }
Tampilan :
Konstanta MAX didefinisikan menggunakan kata kunci const, penggunaan kata kunci const harus diakhiri tanda titik koma.
2. Menggunakan Preprocessor Directive #define
Keuntungan menggunakan #define apabila dibandingkan dengan const adalah kecepatan kompilasi, karena sebelum kompilasi dilaksanakan, compiler pertama kali mencari simbol #define (oleh sebab itu mengapa # dikatakan preprocessor directive) dan mengganti semua phi dengan nilai 3.14.
Contoh : #include <iostream> using namespace std; #define MAX 5 int main() { cout<<"Nilai max adalah = "<<MAX; return 0; }
Modul Praktikum Algoritma dan Pemrograman 2017
7
LAB Rekayasa Perangkat Lunak
Tampilan :
Analisa :
#define MAX 5 akan di kompiler terlebih dahulu setelah preposesor directive. Oleh sebab itu, ketika <<MAX di panggil kembali akan menampilkan = 5 pada output. Latihan ! Buatlah program menghitung luas lingkaran dengan ketentuan : a. Satu program dengan menggunakan kata kunci const b. Satu program dengan menggunakan Preprocessor Directive #define
1.5.2. Variabel
Variabel adalah sebuah identifier yang mempunyai nilai dinamis. Artinya bahwa nilai variabel tersebut dapat diubah sesuai kebutuhan dalam program. Berikut bentuk umum pendeklarasian sebuah variabel dalam C++.
Tipe_data nama_variabel; int A;
Nama dari suatu variabel dapat ditentukan sendiri oleh program dengan aturan sebagai berikut :
 Terdiri dari gabungan huruf dan angka dengan karakter pertama harus berupa huruf. Bahasa C++ bersifat case-sensitive, yang artinya huruf besar dan kecil dianggap berbeda. Jadi antara nim, NIM, dan Nim dianggap berbeda.
 Tidak boleh mengandung spasi.
Modul Praktikum Algoritma dan Pemrograman 2017
8
LAB Rekayasa Perangkat Lunak
 Tidak boleh mengandung simbol-simbol khusus, kecuali garis bawah (underscore). Yang termasuk simbol khusus yang tidak diperbolehkan antara lain : $, ?, %, #, !, &, *, (, ), -, +, =, dsb.
 Panjang bebas, tetapi hanya 32 karakter pertama yang terpakai.
Contoh penamaan variabel yang benar :
1.7. Inisialisasi Variabel
Inisialisasi dapat didefinisikan sebagai proses pengisian nilai awal (nilai default) ke dalam suatu variabel. Dalam C++, pengisian nilai dilakukan dengan menggunakan operator sama dengan (=).
Bentuk umumnya :
Tipe_data nama_variabel = nilai_awal;
Atau
tipe_data nama_variabel1= nilai_awal1, nama_variabel2= nilai_awal2…;
Contoh : Int A=9; Int A=10, B=15, C=25;
Contoh : #include <iostream> using namespace std; int main() { int X; // Menampilkan nilai X sebelum // dilakukan pengisian nilai (assignment) cout<<"Nilai X sebelum assignment: "<<X<<endl;
Modul Praktikum Algoritma dan Pemrograman 2017
9
LAB Rekayasa Perangkat Lunak
// mengisi nilai 10 ke dalam variabel X X = 10; // Menampilkan nilai X setelah // dilakukan pengisian nilai (assignment) cout<<"Nilai X sesudah assignment: "<<X<<endl; return 0; }
Tampilan :
Analisa :
Apabila kita tidak melakukan inisialisasi dan kita sudah memanggil variabel tersebut, maka nilai yang akan ditampilkan adalah nilai 0.
1.8. Type data
1.7.1. Tipe Data Dasar
Adalah tipe data yang dapat langsung dipakai. Daftarnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini :
Modul Praktikum Algoritma dan Pemrograman 2017
10
LAB Rekayasa Perangkat Lunak
Perhatikan contoh dibawah ini, tipe data dapat dirubah (type cast) dengan cara dibawah ini : float x = 3.345; int p = int(x);
Maka nilai P adalah 3 (terjadi truncating).
Contoh : #include <iostream> using namespace std; int main() { int A; cout<<"Masukkan Nilai A = ";cin>>A; cout<<A; return 0; }
Tampilan :
Analisa :
Tidak adanya tipe data pecahan menyebabkan bilangan 3.6666 di bulatkan menjadi 3 karena int adalah tipe data pembulatan.
1.7.2. Karakter dan String Literal
String adalah tipe data text yang memungkinkan kita menyimpan nilai dengan bentuk text, kumpulan dari karakter. Berbeda dengan char gabungan dari karakter. Perbedaannya dengan tipe data char adalah mengenai penyimpanannya. Char menyimpan hanya beberapa karakter saja, sedangkan String dapat menyimpan banyak karakter, kata, dan kalimat sekaligus.
Contoh : #include <iostream> #include <cstring>
Modul Praktikum Algoritma dan Pemrograman 2017
11
LAB Rekayasa Perangkat Lunak
using namespace std; int main() { int panjangteks; char kata[5]; cout<<"Masukan kata = "; cin>>kata; panjangteks=strlen(kata); cout<<"Panjang kata "<<kata<<" adalah = "<<panjangteks; return 0; }
Tampilan :
Analisa :
Dengan adanya operasi pengolahan string, fungsi strlen dapat menghitung panjangnya karakter yang diinputkan.
1.7.3. Keyword
Dalam bahasa pemrograman, suatu program dibuat dari elemen-elemen sintaks individual yang disebut token, yang memuat nama variable, konstanta, keyword, operator, dan tanda baca.
Modul Praktikum Algoritma dan Pemrograman 2017
12
LAB Rekayasa Perangkat Lunak
Contoh : #include <iostream> using namespace std; int main() { cout<<"Selamat Pagi.\n"; cout<<"\tSelamat Pagi."<<endl; cout<<"Selamat Pagi.\a"; return 0; }
Tampilan :
Analisa :
Karakter \n adalah digunakan untuk membuat baris baru, lalu \t untuk membuat tab horizontal (jarak), dan \a adalah memberikan bunyi beep.
Modul Praktikum Algoritma dan Pemrograman 2017
13
LAB Rekayasa Perangkat Lunak
Tugas !
1. Dengan perintah cout, buatlah program C++ untuk menampilkan 3 huruf terdepan nama anda dan analisa program. Misal nama anda Fajar, maka buatlah tampilan seperti berikut :
Berikan sebarang komentar pada setiap baris statement dan simpan dengan nama NAMAKU.cpp.
2. Buatlah program yang dapat mencetak segitiga sama kaki dengan menggunakan simbol asterik (*) sesuai materi yang telah dipelajari dan analisa programnya !

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu C++ Pengenalan C++"

Posting Komentar